Yang Setahun Merapi

Chor, TTC besok “Setahun Mengenang Merapi”, dan sekaian reunian sama teman2 posko, terutama posko Merapi View!

Sebuah pesan muncul di layar monitor saya, (by the way, teng teng crit adalah tenguk tenguk crito, sebuah mini gathering dan mini talkshow di jogja), sebut saya sentimentil, mengingat waktu sudah berjalan setahun dari merapi membuat saya terharu. Sudah setahun saya mengenal teman teman baru saya, mengenal orang lain yang punya satu misi dan visi yang sama untuk membantu korban merapi.

It was a year ago, ketika saya dengan impulsifnya tengah malam naik ke merapi and have no idea seberapa rusak jalan yang akan saya tempuh. Modal cuma nekat, motor dan masker karena hujan abu yang tebal. Dan di sana saya merasakan betapa bergunanya teknologi internet, while kebanyakan dari kita masih menggunakan twitter  sebagai ajang apdet status “aku lagi makan” atau “aku cedih bangetz”, saya mampu menggerakkan orang orang yang mau naik untuk membawa barang lain selain masker dan obat tetes mata.

Lho kok?

Iya, awal pemberitaan dari radio dan televisi selalu menyebutkan mereka butuh masker, obat tetes mata dan obat batuk, kenyataannya sampai di sana barang barang itu sudah menumpuk dan jadi ga berguna. They need what we think they don’t, at that time. Kepikiran ga kalo pengungsi (yang baru mengungsi dua jam) butuh obat sakit kepala, minyak kayu putih, selimut dan pembalut? It was midnight, tapi karena berita itu, banyak orang dari bawah (merapi lokasinya di sisi atas jogja :D), yang akhirnya bawa macem macem yang lebih berguna.

Saya masih ingat sumpah saya setahun lalu (dan cerita pendek saya saat itu), saya akan kembali ke atas. I did. Gerakan merapi bersama teman teman online cukup panjang, kurang lebih hingga lebih dari 10 minggu. Bahkan setelah itu saya mendapat KKN berlokasi di sana, dan masih merasakan efek letusan kemarin.

Dan semua itu sudah terjadi setahun lalu, terakhir saya ke sana masih belum banyak perkembangan, tapi mereka sudah mampu berdiri, seolah letusan merapi kemarin tak ada efek apapun. Saya tahu saya bukan orang jawa, and it might be over react if I say these, “merapi itu membuat saya sentimentil.”

Setahun lalu, dan sekarang.

Jadi teman teman, silahkan datang ke teng teng crit besok tanggal 28 Oktober 2011 di AGK (Angkringan Gedong Kuning) informasi lebih lanjut monggo kontak @argamoja.

Please let me know what you discuss di sana yah. I really want to be there and reunited with people that help merapi year ago!

2 Comments (+add yours?)

  1. Antyo Rentjoko
    Oct 25, 2011 @ 18:47:42

    tengtengcrit. nama yang lucu, keren, dan kreatif :)

    Reply

  2. wahyu asyari m
    Oct 26, 2011 @ 07:35:23

    twitter lebih cepat dan “apa adanya daripada televisi” :)

    Reply

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,304 other followers

