Yang Another

“Kamu pernah dengar tentang Misaki? Dari kelas 3-3. Kejadiannya 26 tahun lalu, dia sudah populer sejak kelas 1. Dia pintar, cantik dan sifatnya baik, semua orang baik murid maupun guru, sayang padanya. Tapi, sesaat setelah dia di kelas 3, dia meninggal karena kecelakaan. Semua orang kaget, sampai tiba-tiba seseorang menunjuk meja Misaki dan berkata ‘Itu Misaki, dia tidak meninggal’. Memang hanya pura-pura, tapi sejak hari itu, kelas 3-3 mulai bersikap seolah-olah Misaki masih hidup. Mereka berpura-pura hingga hari kelulusan. Bahkan, kepala sekolah menyiapkan kursi di upacara kelulusan mereka. Tentu saja ini cerita yang baik, hanya jika semua berakhir di sini…”

Another, adalah novel fiksi horor karya Yukito Ayatsuji yang diterbitkan Kadokawa Shoten pada Oktober 2009. Adaptasi manganya diilustrasi oleh Kiyohara Hiro, sebanyak 4 buku dan diterbitkan sejak Mei 2010 sampai Januari 2012.

Nah, pada Januari ini, Another diadaptasi menjadi anime-series dan episode pertama muncul pada tanggal 10 kemarin. Ceritanya sama, dibuka dengan narasi pendek tentang kejadian 26 tahun lalu, kemudian pergi ke tahun 1998, dimana Koichi Sakakibara (15) pindah dari Tokyo ke Yomiyama, kota kelahiran ibunya. Dia masuk ke sekolah menengah Yomiyama, berusaha beradaptasi namun tidak dapat mengerti kenapa teman sekelasnya bersikap aneh. Siapa yang sangka, bahwa misteri Misaki 26 tahun lalu ada hubungannya dengan ibunya yang meninggal 15 tahun lalu.

Another menjanjikan thriller yang intense, setidaknya begitulah yang kesan saya setelah membaca manganya, pada episode pertama, aura misterinya mampu terbangun sempurna walaupun terasa lambat. Namun cukup membuat penasaran bagaimana kelanjutan misteri sekolah Yomiyama ini. Another adalah anime dengan genre supernatural-horror, diproduksi oleh P.A. Works (Angel Beats, Canaan) dan dibuka oleh lagu Kyoomu Densen (Nightmare Contagion) dari Ali Project, band gotik yang bergaya aristokrat yang sangat cocok dengan aura anime ini.

Sayang, manganya sendiri belum terbit di Indonesia secara legal, saya baca dari scanlation, yang menurut saya terjemahan  kurang begitu bagus, tapi well, masih bisa dipahami sih. Silahkan cari di situs yang bisa baca gratisan, tapi baru 10 chapter (dari kurang lebih 16 chapter) yang baru diterjemahkan.

About these ads

4 Comments (+add yours?)

  1. angga
    Jan 24, 2012 @ 10:59:32

    dimna tempat buat baca manganya???

    Reply

  2. Faye
    Feb 03, 2012 @ 14:58:54

    saya baru menonton episode pertama, hampir males karena lambat itu, tapi katanya pas mulai episode tiga serem, jadi berpikir untuk melanjutkan lagi :D

    Reply

    • choro
      Feb 10, 2012 @ 22:49:18

      seremnya juga ga brutal sih, tetep aja lambat, cuma aura misteriusnya jadi tetep kejaga… dan bikin penasaran misteri misaki itu.. :D

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 4,304 other followers

%d bloggers like this: