Yang seberapa besar nilai situ

Jadi ceritanya, saya itu lagi ngobrol sama temen” saya yang udah tuwir” di Jakarta sono, *ah mbak, kenapa dikau tidak punya alamad imel atau link apa kek*

Nah si mbak ini, memberikan wejangan tentang kalo seandenya what if apa bila kira” jika nanti *di jitak* saya lulus, fresh graduate, dan di wawancara di sebuah kantoran yang “waaaaahhh” banget, mo perusahan internasional kek, atau kerja di departement keuangan ato pajak, ato kerjaan yang kira” punya masa depan cerah.

Mbak itu (M) : “misalnya aja ya, misalnya, situ dikasi pertanyaan, situ mau gaji brapa. Situ kawab apa?”

Sini eh, saya (S) : “misale doang to mbak, sek ngitung” sek”

lalu di mulailah hitung”an nda penting saya.

S : “nek sini ya mbak, kerja di perusahaan “wah” tu mesti ngikutin mode, jadi kekna, tiap bulan mesti beli 1 set pakean baru ya itu baju, celana, sepatu, baju dalem 1 pasang, sama tas. Additional blazer lah tapi nda wajib” amad lah.

Nah, tapi kan kita fres greduet, jadi barangnya nda mungkin dari butik” terkenal yang tas aja harganya bisa 27 jeti. Jadi harganya pake harga mol.

Baju, celana, sepatu sama tas masing” harganya 150k an. Jadi total 600k, nah baju dalem 1 set itu paling mahal 100k lah di mol, kalo mo menengah 50k juga dapet 1 yang bagus banget. Jadi 700k.

Trus, nda ketinggalan beli make up setiap bulan, berhubung saya ini simpel mbak, saya paling” cuma butuh pelembab, foundation, bedak, lipstick sama lip balm. Mentok” 200k lah. Buletin aja 1 jt buat fashion doang sebulan, mbak.

Nah terus makan, kalo kerja di perusahaan besar, biasanya gengsi kalo makan di warung, anggep lah makan di resto, sekali makan 25k lah. Paling banter seharian, kita bisa makan berat 3x. Pagi siang dan malam. Berhubung saya ini males sarapan, anggep aja buat makan siang dan makan malam. Sehari makan 50k, sebulan berarti 1,5 jt.

Trus ongkos hidup, ngekos lah, sukur” bisa tinggal di rumah. Kalo saya butuh kos yang murah aja. 500k lah sebulan, wong saya cuma butuh kasur, wece, sama persocon dan laptop dan lampu pastinya. Dan ongkos laundry 1 bulan, duh brapaan ya, buletin juga deh 200k buat laundry, abis saya nda tau itungan nya berapa di sana, maklum di sini nyuci sendiri.

Trus masalah transport, kalo di jakarta si bisa 1jt sebulan buat transport ya katanya. Nda tau pasti si saya, di jogja naik motor doang si sebulan cuma 100k. Hehe.. Anggep aja 1 jt.

Itu biaya” sandang pangan papan paling utama, sisanya paling anggaran buat nonton di weekend (150k lah sebulan), cemilan buat iseng” (150k juga), kalo ditotal berarti 4,5 juta pengeluaran. Berarti carilah penghasilan di atas 5 juta. Masalahnya, saya nda tau apa harga segitu dianggep wajar buat fres greduet, tapi ndak tau juga mbak. Kenapa e emangnya?”

M : “oh nda papa, ini mbak kemaren dah kirim lamaran sana sini, eh ada 3 perusahaan semua mo wawancara, masalahnya, situ kan tau mbak baru lulus, mbak masih buta tentang harga mbak sendiri.”

S : “Ooohh,, Hehehe, saya nda tau si bener apa nda kisaran 5 juta itu wajar apa nda buat fresh greduet, tapi temen saya ya mbak, kerja shift”an dalam kurung resepsionis, teller, sort of that, gajinya 2 juta an, kalo buat kerja kantorang dalam kurung auditor, bagian keuangan, kek mbak dan saya, harusnya bisa di atas 2. Tapi menurut saya mbak, hitung aja pengeluaran mbak berapa, dan butuh berapa. trus cari tau perusahaan itu nggaji berapa. Masalahnya mbak salah tanya sama saya. wong saya ini aja belom lulus…”

M : “hehehe..”

Karena telpon itu pula saya jadi iseng mau tau gaji fres greduet itu brapa.

Nah dari googling banyak banget di temuin diskusi tentang berapa besar gaji untuk fresh graduate.

Semoga membantu buat yang baru lulus, hehehe *juga buat persiapan saya* *moga” ceepet lulus*

Leave a Reply

