Yang Pentagram

Yang membuat saya ingin menulis ini adalah, ketika seorang wartawan sindo (atau kepala cabangnya, entah, saya lupa) bertanya pada saya di tengah sebuah training jurnalistik

picture0001“Mbak mbak, kalung apa itu? Haduh, anak muda jaman sekarang, saya ndak ngerti deh aliran musik yang tren saat ini, simbol metal itu? Punk?”

sedikit sakit hati ketika si mas itu bicara begitu,.

simbol ini adalah simbol pentagram, banyak yang menganggap bahwa ini adalah simbol pemuja setan karena seperti bentuk kepala Baphomet, padahal simbol baphomet adalah, jika puncaknya berada di bawah, bukan di atas seperti kalung saya ini.

Pentagram sendiri di anggap sebagai simbol mejik dari para penyihir untuk melindungi dan atau menambah kekuatan sihir mereka.

Dalam pancha maha butha/ Pancha Bodhas, 5 sisi tersebut di anggap menunjuk pada tiap tiap elemen di bumi ini
Teja/Agni = api = fire
Apah = air = water
Bayu/Vayu = angin = wind
Pertiwi/prtivi = tanah = earth
Akasa = ether = spirit

sehingga menimbulkan kesinambungan dalam dunia. Selain itu, pentagram merupakan salah satu simbol tertua, yang digunakan bagi para pemuja dewi venus, yang merupakan simbol Yin Yang nya orang barat sana, menggambarkan keharmonian pada pria dan wanita dalam seks.

Kalung ini, telah mengait di leher saya selama kurang lebih 3 tahun, agustus 2005, di belikan oleh (alm)pacar waktu itu. Alasannya? Almarhum merupakan salah satu orang yang percaya bahwa pentagram adalah simbol magis, dan berharap bisa melindungi saya di saat dia tidak ada. Syirik mungkin, ajimat bagi saya, soooooo last millenium banget, dan saya menginterprestasikan kalung pemberian dia sebagai simbol posesivitas. Saya (saat itu) miliknya, apa lagi karena kalungnya kembaran (ah noraknya pacaran jaman dulu itu). Sampai saat ini, alasan saya tidak ingin melepasnya adalah, selain karena dia masih di hati saya, saya pun belum mendapat penggantinya😉

Jadi, saya ini bukan pengikut sekte kesetanan ataupun pecinta aliran musik khusus🙂

*ah jadi kangen almarhum*

5 thoughts on “Yang Pentagram

  1. co cweeeet…

    kalo saya ma misua masih punya kalung yang mata kalungnya berbentuk sandal. jadi sepasang sandal, punya saya yg sebelah dia yg sebelah. cuman untuk mengingatkan harus seiring sejalan nanti😀

  2. Pingback: Yang bye bye « +._cHoRo_.+

Leave a Reply

