Yang Steve Vai

Saya sendiri agak kaget, melihat koleksi saya. Malam ini, mendadak winamp saya random ke sebuah track bertitle “13 – Asian Sky” saya agak kaget, karena komposisi musiknya sangat didominasi dengan gitar, dan sangat “J-style” sekali, sangat.. L’arc~En~Ciel lah, tapi ketika saya shuffle lagi, betapa kagetnya ketika saya mendapati lagu “Bad Horsie” yang sangat distorsi dan lagu “Juice” yang sedikit ngebeat dan jazzy walaupun agak keras. Instrumen gitar tanpas vokal ini cukup bikin saya penasaran. Siapa sih orang ini?

Steve Vai. Saya pikir dia orang Jepang karena alirannya terasa seperti X Japan, tapi saya salah! Setidak nya begitu setelah saya me wiki dirinya. Ternyata dia adalah orang new york, penyanyi, produser, penulis lagu dan gitaris.

Yang lebih ga saya duga lagi, ternyata koleksi Album Steve Vai saya cukup lengkap! Dari album debutnya “Flex-Able Leftovers” yang track ke 3 nya “Bledsoe Bluvd” merupakan lagu favorit saya di album ini, musiknya agak aneh, mungkin karena alirannya Rock 80an, ga bikin saya mudeng sama lagu2nya. Tapi “Bledsoe Bluvd” merupakan track yang.. berwarna cerah, Vai seperti memainkan.. err.. piano dan terompet (?) sehingga tidak terasa kasar, dan cukup riang (di antara track2 lainnya) dan track 7 “Burnin’ Down The Mountain” yang lagi” cukup cerah di antara track lain:mrgreen: maklum, saya ga kuad denger 80’s Rock.

Lalu album keduanya, “Passion and Warfare” bisa di bilang.. album yang menyenangkan๐Ÿ˜€ dan ternyata album ini mendapat pengakuan international, di buka dengan track “Liberty” yang penuh semangat, saya suka sekali cara Vai menggoda pendengar dengan tarikan gitarnya di padu dengan gebukan ringan sebuah drum. Lalu di sambung dengan “Erotic Nightmare” yang sangat menggoda, saya suka sekali semua lagu di album ini. Semua 14 track saya dengarkan hingga di tutup oleh lagu “Love Secrets”

Masuk ke album ke tiga “Sex & Religions” Saya jadi kecewa, karena di album ini, dia ga begitu banyak memainkan smooth guitar lagi, tp cukup keras dan banyak kosong di mana mana. Mendengar album ini, sekilas jadi teringat abang Marylin๐Ÿ˜€

Album keempatnya “Alien Love Secrets” dan album kelima “Steve Fire Garden” tidak memberi kesan berarti sama saya, entah karena semakin lama semakin merasa, geter lagu dari Steve Vai itu hanya gitu gitu aja, ataupun merasa stuck dan bosan dengan istrument gitar dan no vocal ini. Entah lah.

Tapi kekecewaan saya terhapus ketika menikmati album ke enamnya “Ultra Zone”, openingnya “The Blood and Tears” berasa india sekaliiiii dan track ke 3 nya “OOOOO” sangat gothic sekali, dan di tutup oleh “Asian Sky” tadi. Album ini bener2 punya cita rasa yang berbeda di tiap tracknya๐Ÿ˜€

Di album ke 7 “Seventh Song” bisa di nikmati dengan relax, karena berisi lagu” ballad dan slow. Dan di album terbarunya “Alive in an Ultra Worlds” membuat saya tewas, huaaaaahhh ga kuad lagi dengernya, album ini berasa kembali ke album 4 dan 5. terlalu sama. bisa di bilang, untuk menikmati lagu2 Steve Vai harus menyukai rock 80’s dan gitar,. kalau tidak? haaah siap2 tewas bosan seperti sayah

Eniwe, setiap track dan lagu Steve Vai kebanyakan non vocal๐Ÿ™‚

Official Site Steve Vai : http://www.vai.com/

19 thoughts on “Yang Steve Vai

  1. Hah? Steve Vai J-Style? Gak salah mbak.. Ooo.. karena latar belakangnya seneng J-Style.. jadi berasa gitu ya.. Bisa juga sih..

    Steve Vai itu sering dinobatkan masuk dalam 10 gitaris terbaik dunia, sejajar sama Joe Satriani, John Petrucci, dll..

    Iya sih.., biasanya kalo bukan penggila gitar kurang bisa menikmati. Mungkin lebih parah lagi kalo ndengerin album nya Joe Satriani, John Petrucci ato Yngwie Malmsteen.

    Btw, aku paling suka Touching Tongue tuh dari Vai. Teduh, emosi, pop, dan muncak lagunya.. *ada juga di seventh song kalo gak salah.

  2. Aduh mbak saya kecewa dengan review mbak yang menyatakan album Alien Love Secrets kurang berkesan, padahal disitu ada lagu instrumental masterpiece Steve vai yaitu Tender surrender.
    dan Mbak lagu steve vai jadi bermakna apabila kita mengetahui maknanya, makna petikan melodinya,,,…caranya dengan melihat video nya , nih saya kasih link nya di youtube.

    For Love of God = http://www.youtube.com/watch?v=sp1fLW-DS8Q
    Tender Surrender = http://www.youtube.com/watch?v=Yw74sDWPH7U
    Audience is Listening = http://www.youtube.com/watch?v=T_BXIGibJ7k

  3. namanya selera mas๐Ÿ˜‰

    apalagi saya mendengarkan 7 album secara marathon dalam satu hari tanpa men skip satu pun lagu, jadi terasa sekali tak berkesannya

    lagipula, saya ini bukan fansnya steve vai๐Ÿ˜‰

    kecuali Asian Sky itu:mrgreen:

  4. Steve Vai itu salah satu dari empat dewa gitar yang ada di dunia dan ke tiga dewa gitar yang lain adalah: Eddie Van Halen, Joe Satriani, dan Yngwie Malmsteen. Steve Vai pernah berguru beberapa teknik kpd Joe Satriani sehingga ia tidak berkeberatan kalau dibilang bahwa Joe adalah gurunya…..empat gitaris ini disebut-sebut sebagai gitaris yg mempunyhai ciri khas dan karakter sendiri yg berbeda dg gitaris lainnya….mereka juga banyak memberikan sumbangan inspirasi thd gitaris di seluruh dunia baik dari sisi teknik, scale, improvisasi dan bahkan ciri khas….sampai saat ini diyakini hanya mereka ber-empatlah yg dianggap menduduki peringkat tertinggi sbg gitaris terbaik dunia.

    • Coba dengerin lagu steve vai yang judulnya “Whispering a Prayer”.
      fffuuuuuuuuuuuhhhh…. dijaminmerinding, nangis, klepek-klepek…
      nge-soul banget dahhh…….. Sumpah.!

  5. ass. hidup gitaris indonesia, qt jga gg bleh klah ma steve vai,yngwie,satriani, dll. q jg sbner’a ngfans ma vai,dngan sound’a yyg bgitu dhsyat… cba deh liat MICHAEL ANGELO BATIO lebih edan mas! dy bsa mainkan 4 gtr skaligus..sya ambil hikmah’x jga,cz dy ska mainkan dngan tngan terbalik, dstu jdiin peljrn,jdiin finger yg baru,lw pngen kyk vai,petrucci,gilbert,satriani, qt hrs finger lbih giat lagi, hidup gitaris indonesia… ; )

  6. Pingback: Yang Kenny Wayne Shepherd « +._cHoRo_.+

  7. kalo pgn lagu2 dari seniman gitar yg bs dinikmati orang awam dengerin lagune Eric Jonhson aja mbak….soul nya dapet bgt..fusion alirannya…perfeksionis lagi. dia g maen gitar,tapi maen musik.(kate org yg tau sih).

  8. Ulasn lu kjm amt boss… Lu mgkn ga tau apa2 ttg Vai, mnding lu ga ush ngmong ttg ssuatu yg lu ga tau. Asl lu tau ya, “kcintaan” Gw k Vai mlbhi kcintaan pd kksh sndr. Lu jgn slh sgka, kcintaan dsni bkn krn Gw abnormal pnyuka ssm jns, tp krn bgtu bsrnya rs kkgumn Gw pd skillnya yg tlh bnyk mghslkn mh krya musik yg d akui dunia, scra prsonal krn kry2nya tsb sngt mnyntuh Gw, bnr2 kna d hati, bs mmbuat Gw bs smngt & optimis. Buat Gw org2 spt Vai dg sgla mcm kmmpuannya tsb adlh mukjizat yg msh trsisa, jd Gw sngt kbrtn klo ada yg mncela dia…

    • mas coba di baca lagi
      saya ngga mencela dia seluruhnya
      dan saya sudah bilang saya ini bukan pecinta gitar, makanya mati bosan dengar steve vai. toh saya sudah bilang ini subjektif kan?

      kenapa harus maksain pendapat?๐Ÿ˜€

  9. Steve vai….gitaris yg menakjubkan….saya sendiri elah menyaksikan dengan mata saya sendiri…waktu nonton konsernya di budokan- jepang…
    woooooow…………gila benar maennya….dasyat…

Leave a Reply

