Yang Terbakar

Rabu kemarin saya terbangun dan mendapati rumah mati lampu, ternyata, menurut ibu saya, lampu sudah mati sejak jam 4 pagi dan diduga sekring terbakar. Ini pertama kali kejadian sekring terbakar selama saya di Jogja. Menurut bapak PLN yang datang setelah ditelepon, ada baut yang longgar atau ada penyalah gunaan listrik (maling). Bukan mau berburuk sangka, tapi kami curiga pada pengontrak lama rumah saya.

5 tahun lalu, rumah saya dikontrakkan pada seorang bapak sebut saja X, yang menggunakan rumah saya sebagai usaha, tapi setahun mengontrak, uang kontrakan belum juga di bayar, saat disusul ke Jogja, bapak tersebut sudah hilang dengan meninggalkan tunggakan listrik dan telepon hingga 2 jutaan. Akhirnya kami memutuskan pindah ke rumah ini lagi. 1 tahun pertama tinggal di sini, kami diterror beberapa telepon dan tukang tagih, ternyata si bapak X ini banyak menipu beberapa bank dan berhutang di mana mana, masalahnya, kami tidak tahu siapa dan kemana bapak X ini.

Tapi posting ini bukan bercerita tentang si bapak X, tapi sekring terbakar. Dulu saat di Jakarta sekring rumah pernah terbakar, bapak saya reflek menyiram air hingga apinya mati dan listrik konslet selama 2 hari. Saat memanggil PLN di sana, bapak PLN memarahi bapak saya, katanya air itu penghantar listrik, nanti malah meledak!

Nah, saya pun cerita ke pak PLN jogja ini, kami pun diberi beberapa tips ketika melihat sekring terbakar :
1. Jangan panik, segera telepon PLN.
2. Sekring rumah TIDAK MUNGKIN meledak karena terbakar, biasanya kabel yang terbakar akan putus dan listrik akan padam, JANGAN memaksa menaikkan sekring atau anda akan tersetrum.
3. Jika ingin memadamkan api, jangan menggunakan air, gunakan pasir, air sebagai penghantar listrik akan mengakibatkan api menjadi lebih besar, tidak akan membuat ledakan, tapi rumah anda bisa kebakaran.
4. Kemungkinan yang ada adalah, beberapa baut sekring anda longgar, setelah berhasil dipadamkan, lapor PLN dan mintalah mereka memeriksa dan mengencangkan baut baut sekring anda.

Oh btw, sekring terbakar bisa mengakibatkan beberapa tetangga anda juga mati lampu kalau mengambil listrik dengan aliran yang sama, rabu kemarin, gara gara sekring rumah saya, terbakar, 2 rumah tetangga saya ikut mati lampu, karena kebetulan aliran listrik kami sama.

Enjoy the tips, semoga tidak basi๐Ÿ™‚

9 thoughts on “Yang Terbakar

Leave a Reply

