Yang kehilangan

Hari Jumat kemarin saya ngambil uang via atm Mandiri (padahal atm saya BNI). Soalnya saya lagi ga bawa uang, tapi diajak hedon sama temen temen sma di Galeria. Sebetulnya ga ada masalah di atm itu, saya masukin pin beres, narik uang, uang keluar, slip keluar.. tapiii.. KARTU ATM SAYA GA KELUAR!! 5 menitan saya nunggu, agak ga sabar, tiba tiba layar atm berubah menjadi “Mohon Maaf, Mesin ATM ini Rusak, silahkan gunakan mesin lain”… SAPI!!! ATM SAYA DITELAN!

Panik lah, saya langsung telepon call center Bank Mandiri (yang sebetulnya ga perlu) ternyata saya harus telepon call center Bank BNI. Saya panik sedikit, soalnya ga tau call center BNI *bego kan, nasabah BNI kok ga tau call centernya* tapi untung saya dibantu temen2 disini. Massive hugs for you, mbak Fa!

Setelah nelepon, saya minta blokir kartu ATM dan disuruh membuat surat kehilangan di kepolisian terdekat untuk mengurus pembuatan ATM yang baru.

Berikut tips tips dari saya :
1. Datanglah ke polsekta terdekat! Jangan ke pos polisi polantas, saya ga bermaksud ngelucu, tapi tadi siang dengan begonya saya ke Polantas Jl Sudirman, padahal disana untuk mengurus kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas saja. *ya ya ya, saya bodoh*
2. Bawa KTP.
3. Tetap tenang, membuat surat kehilangan tidak akan membuat anda di interograsi macam macam, hanya nama, nomer rekening, hilang dimana dan keterangan keterangan lain.
4. Jika anda grogi, yakinlah, pasti anda akan berbuat hal aneh, seperti saya, disuruh ngeluarin KTP malah ngeluarin STNK, dan sukses diketawain 3 polisi yang lagi jaga tadi. *lha, ya maaf, habis saya ketemu polisi cuma kalo ada razia sim dan stnk kok, jadi refleknya ya ngeluarin STNK, pak*
5. Siapkan uang “seikhlasnya” untuk biaya administrasi.

Saya agak bete dengan biaya administrasi “Seikhlasnya” inih. Tadi ketika selesai memprint surat kehilangan, si bapak polisi ngeluarin kaleng dan bilang “untuk biaya administrasi, seikhlasnya mbak”
aduh,, pie yo.. akan lebih baik kalo biaya administrasi itu fix, dan tempatnya bukan di kaleng! maaf maaf, tapi,, kok ya seperti berhadapan dengan pengemis..
Saya nyaris ngeluarin uang cuman 1000 saja, tapi untuk meyakinkan, saya tanya, “seikhlasnya itu berapa pak?”
si bapak polisi mesem mesem, “ya seikhlasnya… *uhuk* sepuluh ribu *uhuk*”
halah,, uang seribu tadi masuk lagi ke dompet. Sialnya, saya ga bawa uang 10ribu, cih! Akhirnya melayanglah 20 ribu. Huh! Coba kalo biaya administrasinya sudah fix.. pasti saya ndak akan ngumel ngumel gini.

Atau jangan jangan, sebetulnya layanan kehilangan itu gratsi untuk masyarakat, yah? Dan polisi polisi itu menjadikannya sebagai lahan bisnis? Cih.

5 thoughts on “Yang kehilangan

  1. saya sering sekali ngalamin kartu atm yang gak keluar lagi. berkali-kali memang ketelen sama mesinnya karena (kata mas2 bank mandiri) pita magnetiknya rusak. Tapi satu kali saya pernah mengalami kartu yang tidak keluar untuk yang kesekian kalinya. Dan kali ini saya putuskan untuk nginceng di tempat kartu harusnya keluar. Ternyata benar, nyangkut di situ karena karet2nya mungkin udah aus. Sekedar sharing aja, sebelum memanfaatkan tips2 di atas.

  2. yaa, sebetulnya emang surat kehilangan itu gratis. Polisi ndak berani pasang tarif “terang-terangan” karena ndak ada dasar hukumnya. Makanya dia juga gak mau kalo ada kwitansi, nota, dan semacamnya.

    Hal tersebut biasanya umum terjadi di sentra pelayanan publik. misalnya di tempat2 layanan legalisir (KTP, ijazah, surat keterangan kesehatan), sering kita diminta seikhlasnya. Hanya saja karena biasanya murah (beberapa ratus perak, atau dibawah lima rb) maka ndak dipersoalkan.

  3. tips selanjutnya :
    karena biaya membuat surat kehilangan itu geratis dan memang sudah menjadi tugas mereka utk melayani masyarakat, maka jangan ragu bayarlah cukup dengan ucapan : Terima kasih…πŸ™‚

Leave a Reply

