Yang mungkin

Beberapa hari lalu saya nongkrong makan Eskrim di McD sudirman sama 2 temen lama saya, Ency dan Jat.

Ency lagi ngeluh kalo pacar barunya possesif abis sama dia. Kalo dia keluar, bahkan sama cewe sekalipun, harus kasih nomer hp temennya dan bisa di crosscheck, kalo ke luar kota, dia ga boleh kopdar sama sekali, bahkan sama saudaranya, kecuali kalo sama ortunya. Trus kalo pergi kalo ga sama dia, dikasih jam malam! Pokoknya strictnya ngalahin bapak saya yang strict abis.

Pas Ency tanya pendapat kita, si Jat mengeluarkan kalimat kalimat sakti menenangkan si Ency.

“mungkin itu tanda sayang kali, cy.. mungkin si cowo lu sayang banget ama lu biasanya cowo kalo kek gitu, ga mau kehilangan elu, cy, dah gitu dia ga pernah jalan jalan ma cewe lain kan, itu tandanya dia setia ama lu, cy, dan dia berharap lu juga setia ama lu cy. mungkin dia kelewatan, kalo lu dah ngerasa tersiksa, lu ngobrol aja, tapi lu tenang cy, lu harus tunjukkin kalo lu dewasa, mandiri dan bisa dipercaya ama dia. percaya deh ama gw cy, gw cowo, gw tau dia kawatir banget ama lu, cy. pasti nanti kalo lu dah sabar ama dia, kerasa deh manfaatnya kalo lu diperhatiin segitunya ama dia.”

Ency sumringah dan menatap dalam dalam mata Jat *halah, kek sinetron aja*. Sedang saya asik ngejilat jilat sendok stroberi sundae. Saya reflek tanya ama Jat, “emang lu dah kenal ama lakinya Ency?”

Jat cuma menggeleng, “ga siy, tapi gw tau lah, biasanya cowo jeles dan ngekang gitu karena takut kehilangan chor.”

“Ooh.. mau tau apa pendapat gw? Menurut gw laki lu sarap, saki jiwa, self esteem nya rendah, ga percaya ama lu, yakin de, kalo ampe putus, dia pasti ngancem bunuh diri. Tarohan lagi, laki lu pasti ngerasa ga laku, dan dia bilang lu the one and the only one buat dia, padahal yanga da tuh maksudnya cuma lu yang mau ama dia. makanya dia ga mau ngelepasin elu.”

“brengsek lu chor, gitu gitu kan laki gw! Gw sayang ama dia, dan lu juga kan ga tau ama dia, sok banget lu ngomong gitu chor!” Ency reflek ngedumel dumel ga jelas.

“Honey,” lanjut saya, “lu kayak ga tau gw, sejak kapan gw ga sok tau say. Sekarang gini deh, gw ama Jat sama sama ga tau laki lu kek mana, tapi kenapa lu lebih seneng denger kata2 Jat? Padahal sama aja kan. Lu kenal kan mantan gw yang kek pernah posesip ama gw, lu tau kan dia kenapa? karena dia ga percaya ama gw, cy.”

“tapi kan lu jogja-bandung waktu itu, ini kan kaga, ini satu kota, ketemu tiap ari, ga bisa dibandingin lah ama lu chor, laki lu menurut gw waktu itu, lom cukup kedewasaannya buat PJJ.” Ency memotong.

“malah lebih parah tuh cy, lu ketemu tiap ari, tapi laki lu kaga pecaya lu kemana aja, apa ga psycho tuh!” lanjut saya cuek, dengan hadiah satu jitakan dari Jat.

“Chor, gw tau lah, laki kek gitu biasanya kek mana, gw kan laki chor,”

“Nah itu! gw juga tau laki kek gitu biasanya kek mana, Jat. temen gw juga ada kali yang punya laki kek gitu.. tapi maksud yang mo gw tekankan adalah, cy.. gw ama Jat ama ama kaga tau laki lu kek mana, ya kan. Gw ama Jat ama ama berkata “biasanya” dan “mungkin”. Tapi kenapa lu ga percaya ama gw? Sekarang gini, gw bisa bilang kan “cowo kek Jat, yang doyan pake kemeja Pink itu homok. apalagi nongkrongnya ama 2 cewe kek kita.” tapi nyatanya Jat ga homo kan, maksud gw adalah.. kita ga ada yang kenal ama laki lu, cuma lu yang tau jawaban tentang kenapa laki lu posesip ama lu, say. Cuma lu yang kenal ama dia, dan cuma lu yang tau gimana ngadepin dia. Kecuali.. lu udah tau apa jawabannya dan lu cuma mau pembenaran dari pendapat orang buat melarikan diri dari kenyataan.”

Saya membuka bungkus beef burger sambil melihat muka Jat dan Ency yang berubah serius.

“gw ga mau muna, cy.” saya melanjutkan sambil melahap beef burger itu “manusia itu ga ketebak, there is no “usually” in humanizing human. setiap orang itu unik, punya pola pikir sendiri, punya cara menanggapi sesuatu yang beda. serupa mungkin, tapi ga selalu cy.. bagaimana bisa gw dan Jat menilai cara seseorang sebagai hitungan bentuk kasih sayang atau bukan. gw si.. gw bukan penilai manusia yang bagus, gw ga bisa baca karakter orang, gw bukan peramal, i never know what is going on in someone’s mind, dear. and no body can understand what happen in someone brain except a profiler. mereka emang dilatih untuk sok tau dalam pemikiran orang. Tiap orang punya latar belakang yang berbeda, punya lingkungan yang berbeda. ga bisa kita yang awam ini menilai seseorang.Β  Ga tau si cy.. tapi.. lu tanya pendapat orang lain tentang hubungan lu ama laki lu ga bakal ngebantu lu apa apa. toh laki lu ga bakal berubah, gw bilang dia brengsek ya dia tetep aja bakal terus ngekeng elu. Jat bilang dia penuh rasa cinta, tetep aja dia bakal sms lu nanya lu dimana dst. bahkan kita ga bisa ngejamin, ketika lu negur dia, dia bakal menyakiti lu secara fisik atau ngga. we just never know future, dear.”

lalu saya sadar saya bawel sekali siang itu, saya memesan lagi sebuah large coke.

“kok lu keras kepala banget si chor?” Jat reflek bertanya dengan lembut

“seee..!! Honeeeyy lu kenal gw dah lama tapi lu ga nyadar gw keras kepala?! gimana lu bisa menilai orang yang lu ga kenal, Jaaaaaaat!!” Saya ngakak dan dapet hadiah 1 jitakan lagi dari Jat.

Saya melihat ke Ency “Cy.. ini si cuma pendapat gw ya.. bagi gw, orang yang sok ngasih pendapat orang yang belum dia kenal itu cuma orang sok tau atau orang yang suka ikut campur, atau keduanya deh. dan gw benci orang kek gitu cy.. gw ga mau diri gw berubah kek gitu. kita ga bisa mengenal orang yang ga kita ketahui, salah salah, lu salah nilai lu salah bersikap ama orang itu, dan malah bikin musuh.”

Ency tiba tiba berkata, “jadi itu alesannya tiap lu ditanya si A si B orangnya kek mana lu cuma nggambarin dari segi fisik, general ato simply words “biasa ajah”?”

“tuh kan cy,, lu aja yang udah kenal gw selama 4 tahun ini ga tau gw orangnya kek mana,Β  ga usah lu lah cy, bokap nyokap gw aja yang udah 18 taon ketemu gw masih ga kenal gw.. people are unique dear.. gimana bisa orang lain yang belom tau kita udah ngejudge kita dengan segala macam label?? See.. that’s why I hate the way Jat think..” sekali lagi Jat ngejitak saya .. duhh lama lama benjol inih!

“yang jelas cy,, kalo lu tanya orang yang gw ga pernah liat mukanya, jangan harap lu dapet jawaban waras dari gw.. Jadi.. kapan lu kenalin laki lu ke gw?” dan sekali lagi saya dijitak Jat dan Ency..

9 thoughts on “Yang mungkin

  1. ini soal baik sangka dan buruk sangka .. .
    kayak mendengarkan pendapat malaikat bertanduk dan bersayap …

    oya . .. si temenmu itu bener2 emang cuman perlu pembenaran apa yng dipikirkannya deh …

    dan kau juga terlalu memaksakan pemikiranmu . ..πŸ˜›

  2. kalo pacar menghambat karir, buat apa pacaran? pacar itu harus mendukung. pacaran itu sebaiknya bikin kita jadi maju, bukan diem ditempat, ato mundur. makanya aku masi selektif kalo milih pacarπŸ˜€

Leave a Reply

