Yang Panduan Pria di toilet Wanita

Kurang lebih artinya begituπŸ˜€ “The men’s guide to the women’s bathroom” adalah buku pertama dari Jo Berett yang diterbitkan tahun 2007 silam dan baru masuk Indonesia di bawah penerbitan gagasmedia May 2009 lalu. Bercerita tentang Claire, post-divorced woman, yang bercerai dari suaminya yang kaya sekali karena si suami berselingkuh. Berusaha mengobati patah hatinya, dia mengikuti program “New Divorced Diving Club” sayangnya, baru sampai pantai, dirinya mengalami infeksi sinus hebat yang membuatnya hanya duduk diam.

Lalu Claire, serambi merutuki penyakitnya, teringat kata kata ibunya “Belajar keahlian baru akan mengalihkan pikiranmu.” Setelah berpikir lama, akhirnya, dia memutuskan untuk menulis, setelah terinspirasi oleh kata kata seseorang di dalam toilet; “laki-laki nggak akan nikahin cewek yang kelihatan terlalu pengen“.

Sejalan dengan kisah cintanya yang baru, proses pemulihan diri dari patah hatinya serta keputus asaannya, Claire terus menulis “kisah kisah toilet” yang dia temukan. Ketimbang menjadi “panduan pria” buku ini lebih mirip cerita si Claire.

Tapi, konsep “daftar toilet” yang dituliskan Jo Berett very creative yet hilarious. Kelebihan dan kekurangan buku ini adalah di karakter, ya, karakter karakter wanita di buku ini adalah wanita wanita putus asa yang menjadikan pria berada di top of the list mereka. Kelebihannya, buku ini indonesia banget! Dimana para wanita di pertengahan 30 dan 40, ketika sudah memiliki karir mantap, dihantui oleh pria, hubungan dan seks. Sedang ini lah kelemahannya, di US sendiri, keadaan “wanita putus asa” ini sudah tidak sinkron di tahun 2009, bagi mereka, buku ini adalah klise klasik awal 80an.

Sayangnya, karena buku ini “Indonesia banget” maka saya jatuh cinta sama buku ini:mrgreen: apalagi cara alih bahasa gagasmedia tidaklah sekaku gramedia. Entah buku ini memang “gaul abis” atau penerjemah dari gagasmedia yang keren.

Banyak sekali kutipan kutipan cerdas (dan memang cerdas) dan witty di buku ini. Bagi saya, membaca buku ini ibarat mendapatkan barang “buy two in one price”. Yap, selain berisi drama Claire, buku ini memang memberi “panduan” mengapa wanita berlama lama di toilet dan apa saja yang mereka bicarakan di sana, seks, gay, patah hati, pernikahan, yang di benci dari toilat, semuanya yang diperlukan untuk memahami wanita secara instan!

Spoiler :

Oke. Tuan-Tuan. Ada hal penting yang harus kalian ketahui. Ketika kalian berkencan dan kebetulan kalian bertemu dengan mantan pacar, mantan pacar kalian akan beranjak ke toilet dengan sahabat-sahabat perempuannya. Bersama-sama, mereka pasti akan menghujat teman kencan kalian, dari ujung rambut hingga ujung ke kaki.

Obrolan mantan kalian dan sahabat-sahabat perempuannya mungkin akan terdengar seperti ini…

‘Lihat nggak cewek yang bareng Scott? Oh. My. God. Dia betul-betul dapat sisa-sisa sekarang, kan? Rambutnya itu loh…, di-dye sendiri pastinya. Ampun, deh. Dia kayak mesan pengantin perempuan dari Rusia via katalog gitu.’

‘Dan bajunya dong. Halooo…, situ pikir situ oke pake pink kayak pemeran Pretty in Pink Molly Rignwald?’

‘Maksudku, ngapain, sih, gini hari pakai baju babydoll dan pakai berlian palsu segala? Pasti belinya di acara Home Shopping Network, deh.’ “

Oh boys, believe me, we are that bitch.

2 thoughts on “Yang Panduan Pria di toilet Wanita

  1. Cara mengartikannya aneh….😦
    Kenapa dipilih toilet? Karena orang Indonesia banyak yang bilang kalau mau cari inspirasi yo nyambi ndodhok nang toilet. Hahahaha…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s