Yang Hottosuupu

Weekend kemarin saya ke Bandung. Dalam rangka apa? Kencan sama mas mas dvd cihampelas yang jual dvd murah MJ (bukan Michael Jackson ataupun Mas Joko). Jam 6, saya di jemput MJ di stasiun. Yayaya, banyak kebodohan yang saya lakukan selama perjalanan saya ke bandung, salah satunya, ketika saya harusnya turun di stasiun hall bandung, baru sampai kiaracondong saya sudah pede loncat dari kereta. Untung saya segera naik lagi, kalo lupa, ntah gimana nasibnya saya dari kiaracondong sementara MJ nunggu di stasiun hall.

Sampai di sana, saya merengek rengek minta makan sama MJ. Pertama MJ ngajak ke KFC yang langsung saya tolak, “lha. di jogja juga ada KFC, ngapain jauh jauh ke bandung buat makan pretciken?” MJ pun ngajak ke istana plaza. Nyari nyari tenant yang sekiranya ndak ada di jogja. Tapi MJ udah wanti wanti jangan milih hanamasa, karena harganya luar biasa. Luar biasa apa? ya mbuh, di jogja ga ada hanamasa sih.

Masuk ke IP langsung naik ke LT 3. Keliling keliling kita nyangkut di depan Hottosuupu yang tulisannya “soft opening”. Mbak mbaknya merayu kami dengan tawaran “free refill beef dan chicken sepuasnya”. MJ yang baru liat tempat itu (tadinya spot Hottosuupu itu spot ice-rink) langsung nanya “mau di sini?” saya sih manggut manggut aja. Walaupun rada keselek pas liat harganya, 69 ribu bok!

“Tapi enam puluh sembilan ribu ini sudah termasuk appetizer salad dan dessert es serut loh mbak. Terus untuk beef dan chickennya bisa nambah sepuasnya.” Ah, rayuan gombal mbaknya bener bener meluluh lantakkan niat kabur dari sana.

Masuk ke dalam, lokasinya bener bener asik. Luas, dan adem. Apalagi lokasi di tengah lantai tiga, bisa ngelirik ke kiri kanan depan buat ngeset radar mbak mas ganteng dan juga jadi spot strategis buat ngeceng. Sayangnya saya masih kucel, jadi niatan ngeceng di sana saya tahan dulu. Lagian kasian si MJ.

Awalnya kami mau pesan paket shabu shabunya 1 berdua, tapi sama si mbak, nggak boleh, soalnya per person itu paket shabu shabu. Ya sudah kami pun pesan 2 paket. Padahal itu keputusan bodoh. Pesan saja satu, di makan berdua sedang seorang lagi bisa pesan side dish (yang bukan shabu shabu) yang lebih murah. Ah, sialnya saya kok baru nyadar setelah pesanan datang. Bodoh pisan!

Lalu datanglah, semangkuk nasi, semangkuk kecil salad, sepiring sayuran, sepiring irisan tipiiiiiiiiiiiiissssssss beef dan sepiring irisan tipiiiiiiiiiiiiiissssssssss chicken. Semangkuk kuah (kayaknya shoyu tapi rasanya mirip miso, atau bikin miso itu pake shoyu ya?). Dan semangkuk telur mentah.

Sayuran yang di berikan kemarin ada sawi, kubis, wortel, jamur, jagung manis, tofu, kani samthing (alias crabstick, tapi kata si mbaknya “itu bukan kepiting tapi mirip otak otak dengan rasa ikan”, tapi menurut kamus bahasa jepang kani kan kepiting, ah entah lah), mie udon (beda sama mie soba ternyata, hihihi) dan lobak. Lobak ini sempat jadi bahan perdebatan kami, karena MJ ngeyel kalo lobak itu buah yang buat rujakan, padahal itu kan bengkoang. Ndak penting.

Setelah rebus daging, rebus sayur, dan memecahkan sendok (yayaya, saya berbuat apa sih di kota orang, merusak saja) kami tersadar, telur mentah ini gunanya apa? Lalu lagi lagi kami berdiskusi yang (lagi lagi) tidak penting. Apakah opsi telur mentah ini, a. disiramkan diatas nasi, tapi opsi ini langsung di coret karena nasi dan telur mentah terdengar menjijikkan. atau b, di rebus begitu saja didalam panci.

MJ segera memilih phone a friend sebelum menetapkan keputusannya (eh, ini bukan lagi kuis who want to eat a raw egg ya?) sedang saya tadinya mau nelpon om Jo, tapi akhirnya memilih googling. dan mendapat jawaban dari link ini.

“Kalau makan yakiniku atau shabu-shabu, biasanya orang Jepang mencelupkan dagingnya ke telur mentah dulu sebelum dimakan.”

Oh, okay baiklah. Jadi saya dan MJ membuat opsi baru, ya itu mencelupkan daging dan sayuran ke telur sebelum di rebus. Tapi entah gimana, hasilnya nggak lengket di saya, dan telurnya masih penuh. jadi lah karena bete telurnya ga abis, saya kembali memilih opsi b, merebus telur mentah itu. Sedang MJ… kok abis ya telurnya? Hahaha.

Pilihan menambah daging tentu saja tidak di lewatkan domz ah. Walaupun akhirnya kami cuma nambah beef dan chicken masing masing 2 kali, karena kekenyangan. Sambil tepuk tepuk perut, saya lirik kok meja dia masih rapih ya, sedang saya kok berantakan.. Huhuhu.. MJ cukup berkata dengan dingin “eat with grace” huhuhu.. sial!

Dessert yang datang “cuma” es serut dengan cincau dan nata de coco dengan pilihan sirup strawberry atau melon. Cuma segini sih pake shabu shabunya. sedangkan untuk menu minum kena charge yang lain lagi. Jadi total kerusakan kemarin adahal 2 paket shabu shabu @ 69rb +  healthy juice (bayam, nanas, apel, etc dicampur) @15rb + hot ocha (free refill juga) @7rb + PPN 10% = 176rb. Untung lah kami MJ mampu. Sepulang dari Hottosuupu saya cuma narik tangan MJ dan bilang “mending besok ke hanamasa aja, jatuhnya sama, tapi rasanya jelas enakan hanamasa, hihihi”

Ya, menurut saya sih nggak worthed makan Hottosuupu, karena saya dan MJ sepakat bahwa kenyang di Hottosuupu bukan kenyang enak, tapi kenyang banyak. Hihi.. Nggak worthed nggak worthed.. nggak lagi lagi deh:mrgreen:

6 thoughts on “Yang Hottosuupu

  1. Aku di Surabaya diajari koko koko buat nyampur telur mentahnya ke panci *Ya ya, kalo gini ini namanya panci, bukan shabu-shabu*. Tapi telurnya masih ada cangkangnya sih… Kalo telur mentah tanpa cangkang nggak tau deh…

  2. Saya sendiri jarang makan makanan Jepang. Bingung. Itu apa dan gimana makannya.. Belom pake sumpitnya.. Susah euy..

    Mending Javanese Food dah daripada Japanese Food😛

  3. setelah dagingnya direbus, dimasukin telurnya br dimakan…enak kok🙂 ….tp hrsnya itu buat sukiyaki bukan buat shabu shabu kl di jepang .. hmmmmmmm

Leave a Reply

