Yang School Days

Berawal dari MJ yang misuh misuh bahwa ending School Days (saat itu manga) jelek, saya segera mengkopi manga yang cuma 2 volume ini. Manga 12 chapter yang sangat moe dan full drama ini ber ending cukup.. err… mengejutkanπŸ˜† Anyway, berhubung saya excited sekali dengan anime/manga ini, beware dibawah ini yang saya ceritakan akan sangat amat penuh dengan spoiler!

School days bercerita tentang Itou Makoto yang jatuh cinta pada anak perempuan kelas sebelah yang kebetulan selalu satu kereta dengannya, cukup dengan melihat saja, perlahan tumbuh rasa cinta dalam hati Makoto. Saat itu di sekolahnya sedang beredar rumor tentang jimat cinta, “jika kamu menjadikan orang yang kamu suka sebagai wallpaper hp mu dan tidak ada orang lain yang tahu selama tiga minggu, maka cintamu akan tersampaikan.” Makoto lalu diam diam memotret gadis itu dan menjadikannya wallpaper. Tapi baru sehari, teman sebangkunya, Saionji Sekai tidak sengaja melihat nya. Sekai yang ternyata mengetahui gadis itu, berusaha mendekatkan Makoto dengan gadis itu, Katsura Kotonoha.

Eh kok ya kebetulan Kotonoha naksir si Makoto, jadian lah, lalu mulailah kehidupan cinta mereka yang masih malu malu moe gitu deh. Namun, namanya drama, diam diam Sekai juga menaruh hati pada Makoto. Makoto sendiri tidak tegas lalu berselingkuh dengan Sekai. Awalnya perselingkuhan ini tidak diketahui Kotonoha, sampai tanpa sengaja, Kotonoha melihat Makoto dan Sekai berciuman di atap sekolah.

Okay, sampai sini, cerita ini masih drama normal biasa, logikanya, kalo di shoujo manga (komik cewek) lainnya, akan ada catfight antara Kotonoha dengan Sekai, atau salah satu antara Sekai dan Kotonoha menyerah tentang Makoto, atau Makoto tidak mendapatkan keduanya, atau Makoto malah dapat dua duanya. Namun di dua chapter terakhir, aura manga drama moe moe ini berubah haluan menjadi dark dan angsty. Endingnya di manga cenderung menyebalkan karena tidak ada yang mati (atau setidaknya ketahuan mati), namun ada yang berdarah darahπŸ˜€ dan percayalah, saya mengalami dua kali salah tebak siapa yang mati di manga ini.

Awalnya School Days adalah sebuah adult visual-novel game untuk PC yang memiliki 21 ending. 15 good ending (Makoto berhasil mendapat salah satu tokoh wanita), 2 harem ending (yah harem,, berarti lebih dari 1 cewek), 3 bad ending (dimana antara Makoto, Sekai dan Kotonoha terbunuh secara sadis) dan 1 special ending. Selain PC, School Days juga dibuat untuk PS2 game, dengan 5 tambahan ending yang lima lima nya adalah bad ending.

Tapi berhubung saya ga main gamenyaπŸ˜€ mari kita lompat ke anime sebanyak dua belas episode ini. Berbeda dengan plot manganya, pengembangan cerita School Days lebih luas juga dengan lebih banyak karakter. Menonton anime ini, mood saya bisa kacau balau, karena semakin lama ditonton bisa memanipulasi pikiran. MJ sih udah keburu marah marah (beneran) saya nonton anime ini, karena bagi dia manganya saja cukup tidak sehat. Hihihi.

Dalam animenya, ada banyak perbedaan dari plot manga, walaupun masih cukup moe (tiga episode awal sih saya nontonnya terkantuk kantuk). Makoto dalam awal hubungan langsung curhat dia “bosan” dengan Kotonoha pada Sekai. Terlebih, Kotonoha tidak ingin “disentuh” (ya, berhubung ini adaptasi adult game, ya siap siap aja banyak adegan ecchi dalam anime ini). Begonya, Sekai malah menawarkan “practicing doing perverted things” pada Makoto. Yang berubah menjadi turning point Makoto merasa cinta pada Sekai.

Sejalan perselingkuhannya, Makoto semakin menjauhi Kotonoha tanpa memberi kepastian hubungan pada Kotonoha. Sekai sendiri hanya bilang “as long as I’m with you, no matter with whom you have relationship, I don’t care!” Menambah “drama” nya anime ini, ada seorang perempuan teman SMP Makoto, Katou, yang kebetulan sekelas dengan Kotonoha juga mencintai Makoto sejak lama. Mengetahui hubungan Kotonoha dan Makoto, Katou melancarkan bullying pada Kotonoha.

Sayangnya, dalam animenya, Makoto tidak menjadi pria yang “tidak tegas” saja, tapi juga sex maniacπŸ˜† awalnya yang tadinya saya merasa sempat membenci Sekai yang dengan genitnya mengambil kesempatan diantara Makoto dan Kotonoha, berubah menjadi kasihan. Super duper kasihan pada Sekai yang berakhir hamil (jeng.. jeng.. jeng..!!)

Tidak hanya kisah selingkuh pada Sekai, Makoto pun end up dengan tidur, atau lebih tepatnya, para (semua) wanita lainnya “menawarkan diri” untuk ditiduri Makoto, termasuk Katou yang sialnya, video Katou melakukan “itu” dengan Makoto diputar pada acara sekolahnya dan diketahui Sekai. Maka tak heran, jika Makoto berakhir di bunuh (jeng.. jeng.. jeng..!!)

Ending anime ini belum cukup sampai Makoto bersimbah darah, masih ada kesadisan dalam 10 menit terakhir itu. Masalahnya, karakterisasi Makoto di animenya berubah menjadi karakter yang “you love to hate him”, maka ending “sadis” anime ini berubah menjadi true happiness bagi saya *muahahahahha*

Saya tidak menyarankan anime ini ditonton bagi anda yang emosional, atau setidaknya mudah terbayang atau terinfluence sebuah film. Percayalah, anime ini sangat mind-manipulating. Bukan hanya sebatas ditonton lalu sekali lewat. Ilustrasi musik anime ini sangat manis, gambarnya pun cukup bagus, yang menarik adalah cerita yang kuat dibalik anime ini. Satu flaw yang cukup fatal di anime ini adalah tokoh Makoto. He is stupid, sex addict, self-centered, without any good quality, but every girl in love with him.

29 thoughts on “Yang School Days

  1. School days yah..,
    Dulu pinjam anime ini tanpa ekspektasi dan bayangan apa2 soal jalan ceritanya. Jadi, begitu lihat alurnya yang mulai aneh, malah jadi penasaran. Mikirnya, kok bisa di anime ada yang hamil :-))

    Ngomong2 soal mind-manipulating, dari awal sampe akhir nonton gk tau kenapa masih tetap berpikir kalo makoto itu cowok baik hati dan tidak sombong yang kirain bakalan punya ending yang ‘standard’, yang tentu saja jadinya gk terduga.

  2. @om4gus
    iyaaaaaaaaaaaaaaa!!πŸ˜„ *ya ampun, senengnya ada yang nonton juga*
    kalo di manganya memang baik hati dan tidak sombong sekali, tapi begitu di animenya.. karakternya berubah sekali jadi brengsek!! kyaaaaaa!!! dari episode 3 langsung membenci makotoπŸ˜„
    tp yang bikin manipulating sebetulnya pola pikir Sekai :)) omg omg omg *busek busek school days dari otak*

  3. Yups, and more……. “baru slese liat animenya”
    it’s quite interesting, bagian sadis …… hurray “jangan ditiru” wkwkwkwkwkk

    Unpredictable….. hohohoho

    No other comment,…. those who appreciate women. DON’T even try to THINK doing THE SAME.
    πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„ πŸ˜„

    btw, ada saran anime lain yg bgs g? kekekekekeke

    uhuk222 kbanyakan ktawa keselek dah,….

  4. Hii, aku jg suka bgt am niie anime!
    Kotonoha bunuh diri, ksian ya .. TT^TT ..
    Smua.a slah Sekai, aku bnci Sekai!
    Sekai kn tdi.a mw mak comblangin mreka, eh tau.a mlh jatuh cinta, n ngerebut Makoto ..
    Huuh, sekai sialan ..
    eh, add FB aku, ya ^^
    jennifer yohana ..
    alternative name.a risette Vian Salvatore

  5. Aih, aku bener2 suka sama anime yang satu ini! (padahal sih baru tau anime ini kemarin :p)
    Oh iya, sedikit informasi (yang gak terlalu penting), sebenernya aku gak tau anime ini dari dulu. Cuma, pas kemarin pas searching di Mbah Google gak sengaja nemu informasi tentang anime ini. Cuma baca sedikit, sih (soalnya males!). Udah gitu, daripada penasaran, langsung aja aku searching gambar2 anime-nya. Gak tau-nya ada darah2 kayak gitu! GYAAAAAAAAH! Aku paling suka hal2 berdarah n sadis! Udah gitu, pas aku nonton di YouTube, ternyata genre-nya ada dua; romantis n sadis! Itu kan genre favorite-ku…πŸ˜„
    Tapi aku baru nonton episode satu peace ==v *gak sempet nonton gara2 internet lemot* T,T
    Ah, udah lah! Aku ini bakom (banyak omong) aja!
    Oh iya, mau nanya…
    Bagian “main itu” disensor gak?

  6. kejaman kotonoha. kalo udah patah hati kaya gitu. Bisa “berubah” jadi yandere mode(Bisa bunuh diri atau orang lain tanpa sadar. ciri ciri: Matanya kotonoha jadi besar) kayak gitu

  7. ane telat baca spoiler ente, ane udah terlnajur nonton…
    Dan alhasil ane nyesel, sumpah…-_-”
    Ane orangnya suka nempatin diri dalam sebuah plot…
    Jadi ane nyesek banget pas nonton…
    Ane down-nya pas Kotonoha dipake ama itu brengsek temennya Makoto…
    Tapi bodohnya ane tetep nonton sampe abis..-_-“

  8. seperti kata Light Yagami buat near….
    “coba jika kau lebih pintar, tentu permainan akan lebih menarik lagi…”
    horror sih horror, psikopat ya boleh2 saja…
    tapi coba tokoh utamanya sedikit lebih cerdas…
    tentu anime ini bakalan seru yaa..

  9. gile ane tau ni anime dri dlu
    tpi bru nonton ampe abiz skrang 2013 ..

    ane si gk nysel nonton ni anime
    bner jg tu ni anime Mind Manipulating klo biz nnton smua’y
    ..
    crta emang bner sinting, karakter utama sinting
    d eps awal2 kirain si makoto cowok baek2 pemalu,,, eh kesininya jadi berengsek ,, kasian bnget am si Kotonoha ane… (tapi mungkin inilah keunikan’y mngpa ni anime sngja d buat crta & karakternya bgni)
    hadehhhh… _ _’

    tertekan abiz liad ni anime ~

  10. ketika lihat videonya saya sebenarnya rada jengkel dan marah pada makoto yang membuat kotonoha seperti itu apalagi bukan hanya satu gadis. tapi, yang namanya cinta mati pasti akan selalu di jaga

    saya sangat-sangat suka School Days

  11. Hu,gila ni anime,ga terduga dr judulny aja…bner kata org, ‘don’t judge a book by the cover’
    Makoto gw kira alim”,hee ternyata brengsek!*ya,gara”sekai jg sih.

  12. sedih bgt nnton nya .. bingung jg siapa yg harus disalahin, kasian bgt ama kotonoha udh brapa kali di khianatin tp ttp setia. anjir! saking cinta nya ampe stres gitu huhuhu… yg bkin gw pling kesel itu pas dia pertama kali dipake sama si brengsek tmennya makoto anjir! knapa dia!! fak! nyesek bgt liatnya

  13. Gw paling gak suka waktu Kotonoha di pake sama temem nya Makoto. Sialan banget temen nya Makoto ! , tapi gw tetep aja nonton anime nya sampai habis *huh*. Endingnya sungguh di luar logika #TeamKotonoha

  14. Justru Anime ini malah saya sarankan utk ditonton, soalnye Setelah ane nonton nih anime ane jadi kebayang bayang ama ceritanya N ane malah suka anime yg ceritanya bisa mempengaruhi saya… Tp ane tetep kasihan ama si Katsura Kotonoha san, uiih dia setia bgt, walaupun sblmnya gak mau dicium N dipegang anunya, gak kaya Saionji yg diapa2in mau.. Ampe sayangnya Katsura ama makoto dia ampe sedikit gila, whh ane jd tambah kasihan, ampe2 ane mau nangis.. Pokoknya harus nonton bg yg velum nonton, oh iya 1 lagi ane suka ending yg mengejutkan.. Kalo menurut ane sih ini happy ending soalnye Makoto ama Katsura berduaan walapun Makoto cuman kepalanya doang

  15. gue kasian banget makoto sampe mati kaya gini sedangkan katsura ngeri banget sampe
    di potong kepala makoto langsung ke tas di kasih pada sekai entar lama lama katsura di bunuh sama sekai di tusuk sampe dipotong perutnya yg masih kosong. gue udah pernah nonton sampe sedih yg episode end

Leave a Reply

