Yang Hyakumonogatari

Hyakumonogatari (Hyaku = 100 Monogatari =cerita) adalah permainan yang biasanya dilakukan saat musim panas. Para penggemar anime/manga pasti sering melihat adegan ini (misalnya xxxHolic, Lucky Star, School Rumble, etc). Biasanya, dilakukan oleh para pelajar smp atau sma, mereka berkumpul dan menyiapkan lilin sebanyak seratus buah. Lalu duduk melingkar dan lilin dinyalakan ditengah lingkaran. Tentu saja ruangan tempat melakukannya harus gelap total, tanpa penerangan lain selain lilin itu. Lalu, satu persatu mereka menceritakan cerita (biasanya Kaidan atau cerita hantu, Mitologi Jepang dan Cerita Rakyat Jepang). Setelah satu cerita selesai, maka lilin ditiup. Gosipnya, ketika lilin ke seratus ditiup.. di tengah tengah itu akan muncul hantu. Hiiiiyyy *mendadak merinding*

Tapi tentu saja, ritual ini bukan ritual modern. Jepang sangat dikenal dengan cara mereka menjaga kebudayaanya, begitu juga Hyakumonogatari. Sekitar abad 17 (detail, setelah tahun 1666). Ritual Hyakumonogatari saat itu dilakukan hanya saat bulan baru, lalu siapkan 3 ruangan berbentuk L (jika dilihat dari atas). Semua kamar harus gelap, lalu dikamar ketiga, siapkan andon (lentera yang di buat dari kayu dan kertas, lihat gambar kiri), dan sebuah cermin diatas meja. Kertas yang digunakan untuk membuat andon harus bewarna biru. Begitu juga pakaian yang digunakan peserta hyakumonogatari, harus biru. Alasannya kenapa, ya saya juga belum tahu:mrgreen: Lalu semua peserta dilarang membawa senjata ataupun “barang berbahaya” kedalam ruangan. Namun katanya, ada juga yang tetap menaruh semacam samurai hiasan untuk melindungi dari kedatangan setan.

Setelah selesai menceritakan sesuatu, si pencerita harus berjalan dari ruangan pertama ke ruangan ke tiga, dalam gelap (ini lah gunanya ruangan ke dua) lalu mengambil sebuah andon, dan melihat dirinya di cemin *alahmakkk.. keder gak siiiihh* lalu kembali ke ruangan pertama lagi. Peserta lainnya boleh melanjutkan cerita tanpa harus menunggu pencerita sebelumnya kembali ke ruangan pertama. Pada saat itu, cerita yang di ceritakan tidak hanya melulu tentang setan dan monster, tapi juga boleh tentang kutukan ataupun enigma. Lalu setelah seratus cerita dibacakan, akan muncul “sesuatu”.

Aoandon

Aoandon

Akan tetapi, pada kenyataannya, saat melakukan ritual tersebut, mereka selalu berhenti di cerita ke 99. Lalu menunggu siang. Ini dikarenakan tujuan ritual ini adalah mengetes keberanian seseorang, dan juga untuk menghindari kemungkinan spiritual yang tidak diinginkan. Menurut sejarah, ketika cerita ke seratus selesai di ceritakan, akan muncul sosok bernama Aoandon. Aoandon adalah hantu wanita berambut panjang dan bertanduk, menggunakan kimono putih dan bergigi hitam. Namun aturan ini sudah tidak dipakai lagi di jaman modern, karena merepotkan.

Anda ingin mencoba melakukannya tapi kurang tahu cerita hantu jepang atau mungkin cerita hantu lainnya? SayaInUnderworld mungkin bisa membantu, karena blog tersebut menceritakan banyak cerita hantu yang cukup bikin merinding disko.

terinspirasi dari seekJapan.

10 thoughts on “Yang Hyakumonogatari

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s