Yang Hoax Kartu

Pernah dapet imel atau message atao bulletin board semacam ini? :

Sebuah virus baru sudah ditemukan, dan digolongkan oleh Microsoft sebagai yang paling merusak!
Virus itu baru ditemukan pada hari Minggu siang yang lalu oleh McAfee, dan belum ditemukan vaksin untuk mengalahkannya.

Virus ini merusak Zero dari Sektor hard disc, yang menyimpan fungsi informasi-informasi terpenting. Virus ini berjalan sebagai berikut : ·

Secara otomatis virus ini akan terkirim ke semua nama dalam daftar alamat anda dengan judul :
“Sebuah Kartu Untuk Anda”(Une Carte Pour Vous , atau A Card For You)

Begitu kartu virtual itu terbuka, virus itu akan membekukan komputer sehingga penggunanya harus memulainya kembali; kalau anda menekan CTRL+ALT+DEL atau perintah untuk restart, virus itu akan merusak Zero dari Sektor Boot hard disk, sehingga hard disk akan rusak secara permanen.

Menurut CNN, virus itu dalam beberapa jam sudah menimbulkan kepanikan di New York . Peringatan ini telah diterima oleh pegawai Microsoft sendiri.

Jangan membuka e-mail dengan judul:
“Sebuah Kartu Untuk Anda”(Une Carte Pour Vous , atau A Card For You)

Kirimkan pesan ini kepada semua teman anda. Saya rasa bahwa sebagian besar orang, lebih suka mendapat peringatan ini 25 kali daripada tidak sama sekali.

AWAS!!! Jangan terima kontak pti_bout_de_ chou@hotmail. com.
Ini virus yang akan memformat komputer anda.

Kirimkan pesan ini ke semua orang yang ada di dalam daftar alamat anda. Kalau anda tidak melakukannya dan salah seorang teman anda memasukkannya dalam daftar alamatnya, komputer anda juga akan terkena.

Terima Kasih Atas Perhatiannya & selalu ‘WASPADA’ !!!

inilah yang tiba tiba nangkring di inbox facebook saya siang ini. Saya pikir, setelah 10 tahunan lebih internet masuk indonesia, orang orang akan belajar yang namanya HOAX. Tapi kok ya masih banyak ya yang ketipu. Syukur kalo hoaxnya baru, lha hoax di atas itu hoax terbasbang yang masih eksis je!

Saya masih ingat, hoax itu masuk ke inbox saya sekitar 2004an, langsung hal pertama yang saya lakukan adalah konfirmasi ke simbah google. Apalagi menyangkut nama CNN dan McAfee yang masih banyak dipake orang. Eh nyari sana sini kok ya masuk ke pembertitahuan resmi dari McAfee kalo virus tersebut palsu dan hoax😆 FYI : menurut McAfee hoax ini ditemukan tahun 2000 tapi kenapa masih di sebar sebar ya?

The El Financiero Satellite News Service has published the article “A New Powerful Computer Virus Unleashed”, which was based on this hoax rather than an actual virus.

AVERT HOAX Notice!!

McAfee AVERT Labs would like to inform you of an email HOAX.

This email message is just a HOAX, currently we know of no other message that the user will receive about the HOAX as the initial email states. AVERT has not received any report of a user’s hard drive being erased for opening the email.

We are advising users who receive the email to delete it and DO NOT pass it on as this is how an email HOAX propagates.

Refrensi dari sini

anyway, pengumuman diatas sangat jelas hoax nya karena pada paragraf kedua bilangnya “Virus ini merusak Zero dari Sektor hard disc, yang menyimpan fungsi informasi-informasi terpenting.” (dan setahu saya di komputer itu ga ada zero deh, adanya bios, bener gak sih??) tapi di paragraf terakhir bilang “Ini virus yang akan memformat komputer anda“, inkonsisten, kan.

Lalu yang menggelikan adalah pada paragraf ke empat “begitu kartu virtual itu terbuka, virus itu akan membekukan komputer sehingga penggunanya harus memulainya kembali; kalau anda menekan CTRL+ALT+DEL atau perintah untuk restart, virus itu akan merusak Zero dari Sektor Boot hard disk, sehingga hard disk akan rusak secara permanen.” Halooo,, virus bisa merusak secara FISIK gitu?? kalo situ nyiram kopi ke hard disk, baru bener tuh hard disk akan rusak permanen.

Haduh, semoga tahun 2010 ini tidak ada lagi orang yang tertipu hoax, dan yang paling penting, tidak tertipu hoax BASBANG.:mrgreen:

keterangan lebih detail silahkan buka :

http://hoaxbusters.ciac.org/HBMalCode.shtml
http://www.sophos.com/security/hoaxes/virtualcard.html
http://www.hoax-slayer.com/virtual-card-virus-hoax.html
http://us.mcafee.com/virusInfo/default.asp?id=description&virus_k=98893

6 thoughts on “Yang Hoax Kartu

  1. ada orang yang emang hobinya mengforward email kok Chor, ntah itu hoax atau bukan, dan tidak perduli untuk mengeceknya dulu di internet.

    ketidakperdulian? ah manusia bukan..😆

  2. FYI, di hard disk ada koq sector 0 atau dikenal sebagai MBR (Master Boot Record) dimana disini biasanya dipakai untuk menyimpan tabel partisi, proses boot dan sarana identifikasi hard disk😀

    kalo virus yang merusak secara permanen di MBR ini seinget saya sih gak ada, tapi ada beberapa virus jaman dulu yang emang menginfeksi MBR ini.

  3. setuju sama mba chic!! kyaknya, hoax ini masih mending deh! yang lebih parah menurutku ya HOAX soal seseorang yang butuh golongan darah tertentu karena terkana kanker stadium akut! uwaaaahhh!! rasanya pengen ngamuk kalo dapet SMS kek gitu! ndak tau apa, keluarga yang ditinggalkan orang yang terkena kanker itu juga masih sedih!! 😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s