Yang WYSIWIG

Tahu kan istilah WYSIWIG? What You See Is What You Get.

Saya rasa hanya orang orang naif yang menganut prinsip WYSIWIG. Misalnya, saya.

Dan butuh waktu lama untuk sadar, prinsip WYSIWIG itu ya prinsip yang bodoh dan naif. Saya ini terlalu mudah percaya sama orang, apa yang dia katakan, apa yang dia tampilkan sampai terbukti bahwa hal itu bohong. Menyedihkan, begitu kata majikan saya.

Mungkin majikan saya yang berhasil menyadarkan saya. Dia bilang, “kamu seharusnya pintar, atau setidaknya berpikir, ngga ada orang lain yang senaif diri kamu. Apa yang orang lain tampilkan mungkin saja hanya ‘karakter’ yang dia inginkan, bukan diri mereka sendiri.”

Dan mungkin itu alasan saya sering disalah artikan, karena tidak semua orang percaya apa yang saya tampilkan itu sebuah kejujuran. Mungkin saya “those simply stupid naive person.”

Leave a Reply

