MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Yang Twitter Dan Merapi

Pada mulanya, mimpi terpendam Pesta Blogger Jogja 2010 adalah menjadi wadah yang mengkoordinasikan semua komunitas online agar komunikasi antar penggiat online tidak hanya terhenti, sekaligus mengenalkan komunitas online yang satu ke komunitas online yang lain, yang cukup beragam di Jogja. Tak disangka, justru mimpi terpendam tersebut bisa tercapai justru lewat musibah gempa merapi. Tepat empat hari sebelum Pesta Blogger diadakan, merapi memuntahkan laharnya, tiga letusan kala senja terbenam itu seperti titik balik komunitas online di Jogja.

Ada komunitas blogger, twitter, blackberry user, bahkan pecinta mobil ^^ semua dikenal lewat twitter ^^

Kami berkumpul, tanpa mengenal satu sama lain. Hanya lewat sebuah jejaring sosial bernama twitter, kami berkumpul secara offline untuk mengkoordinasikan apa yang masing masing komunitas bisa bantu. Seperti @resepmini misalnya, menjadi dapur umum dan membantu menyumbangkan nasi bungkus, @fiksiminijogja misalnya, membantu melakukan mind recovery pasca-bencana pada korban merapi dengan kemampuan mereka bercerita ataupun menghibur. Banyak juga para penggiat online jogja yang membantu menjadi “buzzer”, membuat semua orang, bahkan yang diluar negeri sekalipun bisa mengetahui keadaan Jogja saat itu dengan cepat walau tidak melalui media massa konvensional.

Kumpulan Logistik yang berhasil dikumpulkan dari para follower masing masing user dalam waktu sehari ^^

 

Bagi saya, keberadaan jejaring sosial sangat membantu sekali. Dengan berada di tangan tangan yang tepat, aliran informasi yang super kencang menjadi panduan pasti jalannya bantuan saat itu. Kami kala itu, berpegangan pada sebuah akun twitter @jalinmerapi, yang sangat informatif, untuk mencari posko posko belum tersentuh. Pun kami membantu memberi kontribusi apa yang sudah kami lakukan agar tidak terjadi penumpukan. Tidak hanya dengan sosial media, teknologi HT yang cukup sulit dinikmati banyak orang, mampu di-online-kan dan bisa diakses bahkan lewat telepon genggam, dimana saja.

Saya teringat, sebuah kepala dukuh masih terkagum kagum dengan teknologi twitter, bantuan yang dia minta, bisa sampai ditangannya dalam waktu yang cepat, hanya karena seseorang men-twit kannya. 140 karakter yang bisa dibaca semua orang yang paham bahasa indonesia dimana saja, mampu menolong sebuah desa. Jejaring sosial saat ini sangat mempermudah akses informasi, juga membuat kita lebih hemat energi. Bayangkan jika tidak ada teknologi online. Mungkin kami para relawan harus bekerja dengan teknologi konvensional yang lebih boros baik secara biaya maupun energi. Optimalisasi akses internet di Indonesia serta sosialisasi agar semakin banyak pengguna komputer “melek” internet akan menjadi kunci sukses pemanfaatan jejaring sosial yang baik.

Pada akhir kata, kegunaan jejaring sosial tidak hanya sebagai media bantuan untuk membantu bencana, betapa twitter membantu relawan hanyalah satu kegunaan kecil yang bisa saya sampaikan dalam rangka penghematan energi. Masih banyak sekali kegunaan jejaring sosial sebagai pengganti media konvensional, yang lebih boros, di segala bidang, baik politik, ekonomi maupun budaya, yang bisa digali lebih dalam lagi.

19 thoughts on “MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Yang Twitter Dan Merapi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s