Yang Memaafkan

Kata orang, manusia biasa memaafkan tapi tak bisa melupakan.

Yang selalu saya pertanyakan, yang diingat itu sebatas kesalahannya atau rasa marahnya saat itu sih? Kalo rasa marahnya udah lupa, trus masih inget cuma “asal keinget” tapi biasa aja, apa sudah masuk kategori memaafkan?

Saya selalu ragu-ragu apakah saya pemaaf atau tidak, saya ingat siapa dan kenapa saya marah. Tapi sudah tidak bisa mengingat “bagaimana” parah saya marah atau sakit hati nya saya waktu itu.

Tapi yang menurut saya, ada istilah lain, yaitu “penerimaan”. Bukan cuma asal nrimo, kayak orang jawa lalu menjadi “ah luweh” (terserah deh) kepada orang itu. Misalnya, saya dulu pernah dibikin sakit hati sampe berada dalam fase denial dan self-loath selama beberapa tahun, karena satu orang. Saya lupa bagaimana sakit hatinya saya sampe saya bisa benci banget sama diri saya sendiri sebegitu parahnya, karena entah kenapa saya akhirnya bisa menerima, siapa dia saat itu, siapa saya saat itu dan kenapa dia dan saya bisa berakhir seperti itu. Saya juga sempat dalam fase memaafkan tapi tidak melupakan pada orang itu, “iya saya memaafkan dia, tapi…. “. Nah, “tapi” inilah yang rasanya membuat saya pengen banget ngehancurin orang itu, supaya dia bisa berada dalam keterpurukan yang sama seperti saya, living a shameful life. Tapi apakah seperti itu membuat saya jadi pemaaf? Kalo ada “tapi” dalam pernyataan memaafkan kita, apa sebenarnya itu benar benar memaafkan?

Butuh beberapa tahun bagi saya untuk akhirnya bisa berdiri sendiri dan tidak mempertanyakan -juga iri kepada- nasib orang itu. Dan ketika saya bertemu lagi dengan orang ini setelah, let’s say, 6-7 tahun dari kejadian itu, saya bener-bener ga ngerasain apa-apa. “Ih gue dulu kan sakit hati sama dia, ya, tapi kenapa yah?”Β 

Jadi kalo “memaafkan” dan “kata memaafkan” itu dua hal yang berbeda, bagaimana kita bisa menghargai makna memaafkan dong?

One thought on “Yang Memaafkan

Leave a Reply

